Nurrahma Tour and Travel
Konsultasi Umroh dan Haji Plus
Travel Umroh Haji Jadwal Paket Umroh Daftar Haji ONH Plus Umrah Plus 2014
Kami Siap Membantu Mewujudkan Niat Anda Ke Tanah Suci. Semudah Senyumu, Seamanah Hatimu...
Search
Search:
Others
Information
1 user sedang online
Anda pengunjung ke-304,492
Mba Udithmbaudith
Yuditha
Others
021-700 100 64
Tsel:0813 1133 5583
XL:0878 8824 4168
WhatsApp
0896 5002 4950
Others

No Rek Mandiri
PT. Nurrahma Aulia Abadi
Rupiah 127-000-3333-992
Dollar 127-000-6828-063


No Rek BRI
PT. Nurrahma Aulia Abadi
Rupiah 2009 01 000 1333 04
News
15 April 2014
Paket Umroh Backpacker Desember 2014
Paket Umroh Backpacker ini dijadwalkan menggunakan Pesawat AirAsia. Akomodasi Hotel, di Madinah menggunakan Hotel Andalus Raqi / Setaraf dan di Makkah menggunakan Hotel Premium Land / Setaraf. detail

10 November 2012
Paket Umroh Bintang 5 Lima
Berikut adalah Paket Umroh Bintang 5 Lima, Paket Umroh untuk Tahun 2013. Silahkan Klik Detail untuk melihat lebih lanjut. detail

8 November 2012
Kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan Jamaah Wanita pada saat Haji dan Umroh
Beberapa Muslimas tidak tahu apa artinya Ihram dan mereka pikir itu adalah topi yang mereka pakai di kepala mereka. detail

» index berita
Shopping Cart
shopping cart 0 item
Others
Testimonial
rina
Saya rina pengen bgt ngeberangkatin bokap yg tinggal sendiri naik haji..tolong kasih tau info harga bwt naik haji ya..makasih

EDY ISWANTO
saya edy dari biro pekanbaru, Riau,, Mohon informasi utk kerjasama agen keberangkatan umroh 2013,, semoga ada kerjasama

angga riszawangga
saya insyaallah mau memberangkatkan kedua orang tua , kakek dan nenek (4 org) umrah di awal tahun dpn. apa ada promo harga. alamat sya di limus pratama

angga riszawangga
saya insyaallah mau memberangkatkan kedua orang tua , kakek dan nenek (4 org) umrah di awal tahun dpn. apa ada promo harga

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

21 Agustus 2011

Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

dakwatuna[com] - Bulan Ramadhan merupakan momentum peningkatan kebaikan bagi orang-orang yang bertaqwa dan ladang amal bagi orang-orang shaleh. Terutama, sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Sebagian ulama kita membagi bulan ini dengan tiga fase: fase pertama sepuluh hari awal Ramadhan sebagai fase rahmat, sepuluh di tengahnya sebagai fase maghfirah dan sepuluh akhirnya sebagai fase pembebasan dari api neraka. Sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Salman Al Farisi: “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka.”

Dari ummul mukminin, Aisyah ra., menceritakan tentang kondisi Nabi saw. ketika memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan: “Beliau jika memasuki sepuluh hari terkahir Ramadhan, mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.”

Apa rahasia perhatian lebih beliau terhadap sepuluh hari terakhir Ramadhan? Paling tidak ada dua sebab utama:

Sebab pertama, karena sepuluh terkahir ini merupakan penutupan bulan Ramadhan, sedangkan amal perbuatan itu tergantung pada penutupannnya atau akhirnya. Rasulullah saw. berdo’a:

“اللهم اجعل خير عمري آخره وخير عملي خواتمه وخير أيامي يوم ألقاك”

“Ya Allah, jadikan sebaik-baik umurku adalah penghujungnya. Dan jadikan sebaik-baik amalku adalah pamungkasnya. Dan jadikan sebaik-baik hari-hariku adalah hari di mana saya berjumpa dengan-Mu Kelak.”

Jadi, yang penting adalah hendaknya setiap manusia meangakhiri hidupnya atau perbuatannya dengan kebaikan. Karena boleh jadi ada orang yang jejak hidupnya melakukan sebagian kebaikan, namun ia memilih mengakhiri hidupnya dengan kejelekan.

Sepuluh akhir Ramadhan merupakan pamungkas bulan ini, sehingga hendaknya setiap manusia mengakhiri Ramadhan dengan kebaikan, yaitu dengan mencurahkan daya dan upaya untuk meningkatkan amaliyah ibadah di sepanjang sepuluh hari akhir Ramadhan ini.

Sebab kedua, karena dalam sepuluh hari terakhir Ramadhan di duga turunnya lailatul qadar, karenalailatul qadar bisa juga turun pada bulan Ramadhan secara keseluruhan, sesuai dengan firman Allah swt.

إنا أنزلناه في ليلة القدر

Sesungguhnya Kami telah turunkan Al Qur’an pada malam kemulyaan.”

Allah swt. juga berfirman:

شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان

“Bulan Ramadhan,adalah bulan diturunkan di dalamnya Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan dari petunjuk dan pembeda -antara yang hak dan yang batil-.”

Dalam hadits disebutkan: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan di dalamnya ada lailatul qadar, malam lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa diharamkan darinya maka ia diharamkan mendapatkan kebaikan seluruhnya. Dan tidak diharamkan kebaikannya kecuali ia benar-benar terhalang -mahrum-.”

Al qur’an dan hadits sahih menunjukkan bahwa lailatul qadar itu turun di bulan Ramadhan. Dan boleh jadi di sepanjang bulan Ramadhan semua, lebih lagi di sepuluh terakhir Ramadhan. Sebagaimana sabda Nabi saw.:

“التمسوها في العشر الأواخر من رمضان“.

“Carilah lailatul qadar di sepuluh terakhir Ramadhan.”

Pertanyaan berikutnya, apakah lailatul qadar di seluruh sepuluh akhir Ramadhan atau di bilangan ganjilnya saja? Banyak hadits yang menerangkan lailatul qadar berada di sepuluh hari terakhir. Dan juga banyak hadits yang menerangkan lailatul qadar ada di bilangan ganjil akhir Ramadhan. Rasulullah saw. bersabda:

“التمسوها في العشر الأواخر وفي الأوتار”

“Carilah lailatul qadar di sepuluh hari terakhir dan di bilangan ganjil.”

“إن الله وتر يحب الوتر”

“Sesungguhnya Allah ganjil, menyukai bilangan ganjil.”

Oleh karena itu, kita rebut lailatul qadar di sepuluh hari terakhir Ramadhan, baik di bilangan ganjilnya atau di bilangan genapnya. Karena tidak ada konsensus atau ijma’ tentang kapan turunya lailatul qadar.

Di kalangan umat muslim masyhur bahwa lailatul qadar itu turun pada tanggal 27 Ramadhan, sebagaimana pendapat Ibnu Abbas, Ubai bin Ka’ab dan Ibnu Umar radhiyallahu anhum. Akan tetapi sekali lagi tidak ada konsensus pastinya.

Sehingga imam Ibnu Hajar dalam kitab “Fathul Bari” menyebutkan, “Paling tidak ada 39 pendapat berbeda tentang kapan lailatul qadar.”

Ada yang berpendapat ia turun di malam dua puluh satu, ada yang berpendapat malam dua puluh tiga, dua puluh lima, bahkan ada yang berpendapat tidak tertentu. Ada yang berpendapat lailatul qadar pindah-pindah atau ganti-ganti, pendapat lain lailatul qadar ada di sepanjang tahun. Dan pendapat lainnya yang berbeda-beda.

Untuk lebih hati-hati dan antisipasi, hendaknya setiap manusia menghidupkan sepuluh hari akhir Ramadhan.

Apa yang disunnahkan untuk dikerjakan pada sepuluh hari akhir Ramadhan?

Adalah qiyamullail, sebelumnya didahului dengan shalat tarawih dengan khusyu’. Qira’atul qur’an, dzikir kepada Allah, seperti tasbih, tahlil, tahmid dan takbir, istighfar, do’a, shalawat atas nabi dan melaksanakan kebaikan-kebaikan yang lainnya.

Lebih khusus memperbanyak do’a yang ma’tsur:

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : قُلْت : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْت إنْ عَلِمْت أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ، مَا أَقُولُ فِيهَا ؟ قَالَ : قُولِي : اللَّهُمَّ إنَّك عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah, bahwa beliau berkata: “Saya berkata: Wahai Rasul, apa pendapatmu jika aku mengetahui bahwa malam ini adalah lailatul qadar, apa yang harus aku kerjakan? Nabi bersabda: “Ucapkanlah: “Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu ‘anni.” (Ya Allah, Engkau Dzat Pengampun, Engkau mencintai orang yang meminta maaf, maka ampunilah saya.” (Ahmad dan disahihkan oleh Al-Albani)

Patut kita renungkan, wahai saudaraku muslim-muslimah: “Laa takuunuu Ramadhaniyyan, walaakin kuunuu Rabbaniyyan. Janganlah kita menjadi hamba Ramadhan, tapi jadilah hamba Tuhan.”Karena ada sebagian manusia yang menyibukkan diri di bulan Ramadhan dengan keta’atan dan qiraatul Qur’an, kemudian ia meninggalkan itu semua bersamaan berlalunya Ramadhan.

Kami katakan kepadanya: “Barangsiapa menyembah Ramadhan, maka Ramadhan telah mati. Namun barangsiapa yang menyembah Allah, maka Allah tetap hidup dan tidak akan pernah mati.”

Allah cinta agar manusia ta’at sepanjang zaman, sebagaimana Allah murka terhadap orang yang bermaksiat di sepanjang waktu.

Dan karena kita ingin mengambil bekalan sebanyak mungkin di satu bulan ini, untuk mengarungi sebelas bulan selainnya.

Semoga Allah swt. menerima amal kebaikan kita. Amin

تقبل الله منا ومنكم صالح الأعمال.



Baca juga
  » 15 April 2014
Paket Umroh Backpacker Desember 2014
Paket Umroh Backpacker ini dijadwalkan menggunakan Pesawat AirAsia. Akomodasi Hotel, di Madinah menggunakan Hotel Andalus Raqi / Setaraf dan di Makkah menggunakan Hotel Premium Land / Setaraf.

  » 10 November 2012
Paket Umroh Bintang 5 Lima
Berikut adalah Paket Umroh Bintang 5 Lima, Paket Umroh untuk Tahun 2013. Silahkan Klik Detail untuk melihat lebih lanjut.

  » 8 November 2012
Kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan Jamaah Wanita pada saat Haji dan Umroh
Beberapa Muslimas tidak tahu apa artinya Ihram dan mereka pikir itu adalah topi yang mereka pakai di kepala mereka.

  » 8 November 2012
Kementrian Haji: "Tidak Boleh masuk Bagi Jamaah yang tidak sesuai dengan Peraturan"
Kementerian Haji menjelaskan bahwa Departemen Haji telah memberikan arahan untuk tidak mengizinkan masuk kepada Para Jamaah bagi mereka yang tidak mematuhi persyaratan dan persyaratan visa masuk ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji.

  » 6 November 2012
10 Tahun Lagi, Seluruh Armina akan terhubung Railway
Terowongan bawah tanah yang menghubungkan Mina, Arafah dan Muzdalifah akan segera dibangun untuk memudahkan transportasi angkutan jamaah, angkutan barang, ambulans, serta peralatan kebersihan.

Travel Umroh Sinertour

Jl. TB Simatupang No.8 Jakarta Selatan (Depan Kantor DPP PKS)

(021)-700.100.64 -- (021)-7071.9433 -- Fax (021)-782.2578

PAKET UMROH MURAH PROMO 2014 2015 2016 - INFO HARGA BIAYA JADWAL UMROH MURAH - TRAVEL HAJI ONH PLUS

Umroh Murah| Umroh Promo | Travel Umroh Murah Promo Jakarta | Umroh Murah Awal Ramadhan, Akhir Ramadhan 2014 2015| Info Harga Paket Umroh Murah Promo

Paket Umroh Murah Promo 2014 2015 2016| Harga Umroh Promo Murah 2014 | Info Biro Travel Umroh Murah Promo Jakarta | Jadwal Keberangkatan Wisata Umroh Murah Promo 2014 2015 2016


Toko Online